Desa Adat Diharapkan Harus Dibentuk

9

KUALA KURUN, Halokalteng.com – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan kunjungan kerjannya ke Kecamatan Manuhing, dalam rangka pembentukan dan mengecek kesiapan juga membentuk desa menjadi desa adat di wilayah tersebut.

“Kedepan kita harapkan bagi Desa yang ditetapkan perda penataan desa adat dan ini memang sudah masuk dalam program prioritas kita,” kata Anggota DPRD Gumas Evandi Juang, belum lama ini.

Lebih dalam lanjut dia mengatakan, maka dari sekian desa dan kelurahan yang dikunjungi dan ditemukan ada tiga desa yang siapa baik dari sekala administrasi, sejarah desa dan lainnya. Seperti, Deas Tumbang Samui, Luwuk Tukau dan Tumbang Oroi. Akan tetapi desa yang lain nanti akan menyusul setelah menyusun syarat.

“Setelah kita lakukan peninjauan ada tiga desa yang layak saat ini, namun yang lain juga kita minta untuk menyiapakan berkas dan persyaratannya untuk dijadikan desa adat, termasuk juga kedepan dipersiapkan,” ujarnya.

Politikus dari partai besutan dari Surya Paloh ini menambahkan, sebab selama ini selalu dibicarakan adat budaya tetapi, secara peraturan dan perundang-undangannya tidak ada yang namanya desa adat. Namun, pihak Bapemperda DPRD Gumas ini nanti akan merancang bagai mana bisa dilakukan seperti di Gumas sendiri akan diberlakukan desa adat.

“Jadi kita bukan beberbicara adat, tiga desa ini nanti akan menjadi contoh dulu dan semua desa ini akan bisa nanti kalau ini berhasil, suapaya nanti desa di Gumas sendiri ada wilayah desa adat, hutan adat, dan tidak bisa diganggu gugat nanti,” pungkasnya. (nya)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.