Bansos Pusat di Katingan Capai Miliaran Rupiah

105

KASONGAN – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial telah mengalokasikan anggaran hingga miliaran rupiah di Kabupaten Katingan untuk mengatasi kesulitan ekonomi bagi warga kurang mampu.

Disebutkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi,  total bantuan sosial dari pemerintah pusat 2.766.725.00 (dua miliar tujuh ratus enam puluh enam juta tujuh ratus dua puluh lima ribu rupiah) dimanah bantuan tersebut diperuntukkan bagi warga yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 122.487 jiwa dengan total Kepala Keluarga 43.353.

“Kalau dilihat dari jumlah bantuan dalam bentuk uang tunai, itu mencapai dua miliar lebih, ini menunjukkan kepedulian pemerintah pusat bagi warga kita yang tergolong kurang mampu,” Ungkap Elmon Sianturi, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/03/2023).

Terkait dengan bantuan sosial, disebutkan Elmon, terbagi dua bentuk yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dimanah bantuan tersebut diberikan secara tunai, dengan jumlah penerima bantuan 8160  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan bantuan tersebut yang sudah tersalur melalui PT POS Indonesia 3859 KPM untuk tahap pertama, sedangkan penyaluran melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) total 4301 KPM.

Sementara itu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan BRI untuk periode Januari -Februari 2023, sebanyak 6431 KPM, sedangkan penyaluran melalui PT POS Indonesia untuk Januari – Maret 2023, total penerima 12.628 KPM dengan jumlah yang tersalur    6197 KPM.

“Inilah perkembangan bantuan sosial yang sedang berlangsung di Kabupaten Katingan, baik dalam bentuk uang tunai maupun non tunai, yang dialokasikan pemerintah pusat,” Tandasnya. (Vry)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.