Anggaran Rp. 10 Miliar, Pemkab Gumas Bangun Gedung Perpustakaan

82

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan segera membangun Gedung Layanan Perpustakaan Daerah.

“Saat ini tengah dalam proses pembersihan lokasi oleh kontraktor pelaksana proyek,yang berlokasi di Jalan E L Gerson Kelurahan Kuala Kurun,” kata Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Maria Efianti, Kamis (09/03/2023).

Maria menyampaikan, anggaran pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah sebesar kurang lebih Rp 10 miliar,berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sebagai proyek strategis nasional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah berkomunikasi dengan Kejaksaan Negeri Gumas dalam hal pendampingan, sebagaimana yang diarahkan bupati supaya dalam pembangunan berjalan aman dan lancar sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami sudah menyampaikan permohonan pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Gunung Mas dan sudah mendapatkan persetujuan dari Kepala Kejaksaan Negeri Gunung Mas,” kata Maria.

Pihaknya juga sudah melakukan rapat persiapan dengan pihak kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas sebelum pembangunan dimulai yang dihadiri Kepala Seksi (Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Gumas.

“Gedung layanan perpustakaan daerah Kabupaten Gunung Mas nantinya akan dibangun megah dan bertingkat tiga, dengan harapan masyarakat yang berkunjung untuk membaca buku akan merasa nyaman dan bisa meningkatkan minat baca dan budaya literasi masyarakat,” terang Maria.

Mantan Kadis Kesehatan dan Kadis Pengendalian Pendudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak itu mengimbau dengan terbangunnya gedung layanan perpustakaan daerah yang baru, masyarakat Gumas dari semua kalangan usia dapat memanfaatkan perpustakaan daerah untuk mencari ilmu dan menambah wawasan.

“Terdapat puluhan ribu buku menarik di perpustakaan daerah bagi semua kalangan usia. Adanya gedung perpustakaan daerah yang baru, kita berharap akan ada penambahan buku dari berbagai disiplin ilmu, karena buku menjadi khazanah ilmu pengetahuan bagi masa depan yang lebih baik,”tuturnya.

Menurutnya keberadaan perpustakaan daerah bagian dari program smart human resources[ peningkatan sumber daya manusia] melalui membaca. Pemkab Gumas mendorong budaya literasi masyarakat terus meningkat. (vri)

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.