Alsintan Mesti Digunakan dengan Optimal

11

KUALA KURUN, Halokalteng.com – Puluhan alat mesin pertanian (Alsintan) aset Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Menyingkapi itu, Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten setempat, mengharapkan dengan instansi terkait agar alsintan tersebut dapat dipergunakan secara baik dan optimal.

“Kami mengharapkan dengan alsintan yang ada supaya bisa digunakan secara baik, dan kalau bisa dipergunakan secara optimal, karena alat pertanian ini sebagai penunjang daripada program pemerintah daerah yakni smart agro,” kata Wakil Ketua DPRD Gumas Binartha, belum lama ini.

Dilakukan dari dinas, tambah legislator dari Golkar ini menilai, dengan memberikan pelatihan kepada kelompok tani dan operator alat mesin pertanian (alsintan) yang dikemas dalam kegiatan On The Job Training (OJT) dengan menerjunkan tim mekanisasi yang mahir.

“Adanya OJT ke operator dan petani, bisa memiliki pengetahuan untuk mengoptimalkan, memanfaatkan, dan merawat alsintan terutama yang berasal dari bantuan pemerintah agar umur ekonomisnya maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispertan Gumas Aryantoni dikomfirmasi waktu lalu, untuk alsintan berupa exsavator ada tiga buah, traktor ada enam unit, traktor roda dua sebanyak 60 unit, dan untuk alat tanam jagung manual 60 unit, alat tanam jagung mekanis ada tiga unit, appo ada 20 unit, kalau alat pemipil jagung sekitar tiga unit.

“Untuk penyerahannya ada di tiga zona kecamatan, seperti Kecamatan Mihing Raya, Tewah dan Rungan, kalau brigadenya akan dibentuk dimasing-masing wilayah, hal itu untuk menjangkau wilayah pembinaan,” tandas dia. (Red)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.