Akerman : Tekan Stunting Harus Dengan Perencanaan

36

KUALA KURUN, Hallokalteng.com – Sejumlah pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas mengharapkan dengan Publikasi Stunting se-Kabupaten tersebut dilakukan tindakan secara sistematis dan terencana. Hal itu, sebagai upaya untuk percepatan dalam penurunan stunting di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

“Publikasi stunting merupakan langkah yang kongkrit dan penting untuk menyampaikan data prevalensi stunting terkini pada layanan puskesmas, kecamatan, kelurahan dan desa. Akan tetapi harus sistematis dan terencana,” kata Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar, Rabu (28/2/2024).

Menurut dia, seluruh perangkat daerah lintas sektor serta seluruh masyarakat bisa menjadikan stunting sebagai masalah bersama. Sehingga, saling membutuhkan penanganan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat yang optimal.

“Artinya setiap lini harus mampu menurunkan beban dan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit secara khusus penekanan stunting,” ujar dia.

Kemudian dari hasil kegiatan publikasi stunting itu, sambung dia, akan menjadi bahan evaluasi intervensi stunting yang telah dilaksanakan. Sebagai bahan perumusan maupun pemecahan masalah dan perencanaan di ditingkat desa hingga kabupaten atau kota.

“Bagi seluruh perangkat daerah, lintas sektor terkait serta seluruh masyarakat di daerah kita, dapat bekerjasama dengan baik dan saling mendukung dalam penurunan angka stunting,” demikian dia. (kn/red)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.