65 Anggota PPK se-Kabupaten Katingan Diambil Sumpah dan Janjinya

69

KASONGAN – Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang memberikan apresiasi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan terhadap tahapan-tahapan persiapan yang telah dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2023 mendatang.

Hal itu dia sampaikan, saat menghadiri kegiatan Pengambilan Sumpah Janji dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu Tahun 2024 se-Kabupaten Katingan, di Aula BPKAD setempat, Rabu (04/01/2023). Prosesi pelantikan Anggota PPK tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten katingan, Subandy. S.Sos.

Pada kesempatan itu, Wabup berharap agar para anggota PPK yang baru saja dilantik tersebut bisa bersungguh-sungguh mengikuti bimtek. “Pada hari ini anggota PPK yang sudah dilantik akan mengikuti bimtek. Saya berharap, melalui kegiatan ini nantinya agar bisa menambah pengetahuan dan wawasan teknis,” imbuhnya.

Diungkapkan Sunardi, bahwa berdasarkan laporan dari Ketua KPU jika anggota yang baru saja dilantik 70 persen diantaranya merupakan wajah-wajah baru. Untuk itu hendaknya, bimtek ini bisa diikuti secara seksama. “Harapnnya dalam pelaksanaan bimtek terutama bagi anggota yang baru, bisa benar-benar mengikuti tahapan-tahapan yang dijelaskan. Sehingga nanti tidak mengalami kendala teknis dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” tuturnya.

Wabup juga berpesan, agar kepada semua anggota PPK bisa menyiapkan fisik, mental dan kesehatan karena tugas yang akan dilaksanakan nantinya akan sangat berat. “Pemilu 2024 mendatang akan cukup menguras tenaga dan pikiran. Pasalnya, ada banyak agenda yang akan dilaksanakan. Seperti Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif dan lainnya. Oleh sebab itu, hal ini harus betul-betul dipersiapkan dengan matang,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Katingan Kemudian Subandy melaporkan, bahwa pelantikan yang dilaksanakan ini dilakukan serentak seluruh Indonesia. Jumlah anggota PPK se-Kabupaten Katingan yang dilantik sebanyak 65 orang. “Masing-masing lima orang dari tiap kecamatan dan hampir 70 persen diisi oleh wajah-wajah baru,” jelasnya.

Dia meminta, agar anggota PPK yang baru saja dilantik bisa mempelajari lebih mendalami tugas dan fungsi. “Pahami tupoksi PPK dan dalam pelaksanaan di lapangan nantinya, agar bisa bersikap adil serta mengutamakan hak-hak semua peserta pemilu,” pesannya. (st)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.